Thursday, 7 December 2017

Berniat Memelihara Si Meong? Ketahui Cara Merawat Anak Kucing

Kucing adalah salah satu binatang yang banyak dipelihara orang. Baik untuk menuruti hobi atau sekedar dijadikan pemburu tikus di rumah, kucing tetap menarik untuk dipelihara. Bukan hanya cantik, tapi binatang ini juga lucu dan menggemaskan. Selain itu, di dunia ini juga banyak jenis kucing yang bisa dipilih lalu dipelihara di rumah. Namun sebelum memutuskan untuk memelihara kucing, pastikan Anda sudah mengetahui cara merawat anak kucing Anggora.

Cara merawat anak kucing anggora penting untuk diketahui karena merawat anak kucing tidak bisa disamakan dengan perawatan terhadap kucing induk-an. Merawat kucing induk-an lebih mudah dilakukan karena kucing ini sudah mandiri dan bisa diajak kerjasama. Lain halnya dengan anak kucing, dimana segala keperluannnya, terutama makanan harus dipastikan ketersediaannya.

Bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara merawat anak kucing, berikut adalah ulasan lengkapnya.

Berikan susu pada kucing
Kucing anakan membutuhkan susu sebagai makanan utamanya. Pastikan Anda memberikan susu yang memang dikhususkan untuk kucing. Hindari memberikan susu manusia sebab kandungan laktosa yang dikandungnya bisa berpengaruh pada rusaknya pencernaan kucing.

Mungkin jika induk kucing masih ada, hal ini tidak terlalu sulit dilakukan karena anak kucing bisa langsung menyusu pada induknya. Namun apabila induk kucing sudah tidak ada atau memang sengaja dipisahkan, Anda bisa membeli susu kucing di pet shop.

Jaga kebersihan sekitar mata kucing
Bayi atau anak kucing ini masih sering menghabiskan waktunya untuk tidur. Ini menyebabkan munculnya banyak kotoran di area mata kucing. Untuk itu pastikan Anda rutin memeriksa kucing tersebut sekaligus membersihkan kotoran yang ada pada sekitar mata. Gunakan kapas yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat, lalu usapkan pelan pada bagian yang ingin dibersihkan.

Berikan makanan khusus
Pada jenis kucing tertentu biasanya juga harus diberikan makanan khusus. Jadi ketika anak kucing sudah semakin besar dan sudah bisa mengunyah makanan, ada baiknya Anda segera membelikannya makanan khusus untuk kucing. Kucing juga membutuhkan makanan dengan nutrisi-nutrisi tertentu agar kucing selalu sehat.

Berbeda dengan kucing kampung yang bisa diberi makanan apapun, kucing persia atau kucing anggora harus diberi makanan khusus yang diformulasikan untuk jenis kucing tersebut. Sesuaikan makanan khusus kucing dengan usia dan jenis kucing itu sendiri.

Jika belum mendapatkan makanan kucing yang tepat untuk anak kucing peliharaan, Anda bisa mendaratkan pencarian di Whiskas Indonesia. Disana tersedia makanan kering dan juga makanan basah untuk kucing kesayangan Anda.

Peka jika kucing lapar
Anak kucing belum bisa mencari makanannya sendiri, jika bukan induknya yang mencarikan makan, maka Anda lah yang harus menyediakannya. Selain itu Anda juga harus tahu apa tanda yang ditunjukkan oleh kucing yang sedang lapar. Umumnya anak kucing akan mengeong dengan sangat keras jika sedang lapar. Bergegaslah memberikan makan pada kucing tersebut.

Apabila masih sangat bayi, sepertinya susu lebih dianjurkan. Namun jika kucing sudah sedikit besar dan sudah bisa makan (selain susu), Anda dapat memberikannya makanan khusus untuk kucing.

Kotak berisi pasir
Bukan hanya harus memberikan susu atau makanan pada anak kucing, Anda juga harus menyiapkan sebuah kotak yang berisi pasir. Kotak ini berfungsi sebagai tempat pup si meong. Namun pasir yang digunakan bukanlah pasir-pasir yang biasa digunakan untuk membangun rumah. Belilah pasir khusus ini di pet shop.

Demikianlah beberapa cara merawat anak kucing yang harus Anda ketahui. Tidak ribet bukan? Saat Anda bisa merawat anak kucing dengan baik, kucing akan tumbuh dengan sehat dan lincah serta menggemaskan.

0 comments

Post a Comment