Wednesday, 29 November 2017

9 Tips Mengatasi Kucing yang Pemalu

Menangani Kucing Pemalu - Banyak penyebab kucing menjadi pemalu atau takut pada manusia. Entah apakah kucing itu hasil rescue dari situasi dimana ia diperlakukan dengan buruk oleh manusia, tidak pernah berinteraksi dengan manusia sebelumnya, memiliki masalah kesehatan yang membuat ia menjadi stres, atau karena sifat bawaannya yang pemalu. Kita memiliki tanggung jawab sebagai pengasuh untuk membantu teman-teman kucing kita belajar membangun kepercayaan dan merasa aman dengan lingkungan sekitarnya.

Mengatasi Kucing Pemalu
Kucing Pemalu

Dibutuhkan kesabaran, kepekaan, dan kepedulian yang besar untuk membantu transisi kucing dari rasa gugup menjadi rasa aman. Proses ini dapat menjadi membosankan dan membuat sakit hati, namun semuanya akan terbayar ketika kita bisa melewatinya. Dan ketika untuk pertama kalinya kucing pemalu kita mulai menggosokkan badannya ke kaki kita saat kita mencuci piring akan menjadi salah satu momen yang terbaik dan berharga di hidup kita.

Berikut ini beberapa cara yang harus sobat kucing lakukan :
Mengatasi Kucing Pemalu
Kucing pemalu

1. Beri dia ruang yang tenang
Kucing pemalu membutuhkan situasi yang memudahkan dia beradaptasi secara perlahan, jadi sangat penting untuk memastikan dia memiliki beberapa ruang dimana ia bisa merasa aman dan terlindung dari semua suara, bau dan stimulan lainnya dari rumah kita. Memiliki ruangan yang aman akan memungkinkan dia untuk mengeksplorasi dengan kecepatannya sendiri ketika ia juga membangun kepercayaan dan keyakinannya.
Baca juga : Cara Mengganti Makanan Kucing dengan Benar
Ruang yang aman paling sering dibuat dalam kamar cadangan atau lemari yang rapi. Kuncinya adalah untuk memilih sebuah ruangan atau bagian rumah kita dimana sangat sedikit orang melintas di daerah tersebut dan memiliki beberapa tempat persembunyian yang bagus. Ruang harus memiliki semua kebutuhannya, seperti tempat tidur yang nyaman, bak pasir, makanan, air bersih, scratching post, dan mainan.

Ini hanya situasi sementara saja. Saat ia menjadi lebih nyaman dengan kita dan rumah kita, kita dapat memindahkan bak pasir, makanan dan air ke lokasi yang lebih cocok.
Mengatasi Kucing Pemalu
Berikan kucing ketenangan

2. Bersabarlah
Kesabaran adalah salah satu keterampilan terbesar yang harus dilatih jika kita ingin mendorong kucing pemalu untuk mempercayai kita. Menjadi frustasi atau mencoba memaksakan kucing kita ke dalam situasi dimana ia tidak siap akan membuat dia lebih berbahaya dibanding menjadi lebih baik, dan perkembangan yang kita buat akan menjadi sia-sia. Yang terpenting, adalah memahami bahwa setiap kucing berbeda dan tidak bisa dijadikan standar bagi setiap kucing yang telah kita temui. Setiap kucing unik dan memiliki sejarahnya sendiri.
Mengatasi Kucing Pemalu
Kucing bersembunyi

3. Bergerak secara perlahan dan tenang
Kucing pemalu dapat dengan mudah ketakutan oleh gerakan yang keras atau tiba-tiba. Ketika dia berada di dekat kita, selalu bergerak dengan perlahan dan tenang. Gerakan tiba-tiba atau suara keras dapat membuat ia lari bersembunyi.
Mengatasi Kucing Pemalu
dekati kucing dengan perlahan

4. Bicara dengan lembut dan tenang, namun sering
Gerakan yang tiba-tiba dan berisik dapat membuat kucing pemalu menjadi takut. Ketika kita berbicara dengannya, usahakan bicara dengan suara yang lembut dan tenang. Biasakan ia terbiasa mendengar suara kita dengan sering berbicara kepadanya. Mendengar suara tenang kita ketika kita membersihkan ruangannya atau hanya duduk dengannya untuk membantunya lebih nyaman bersama kita.
Mengatasi Kucing Pemalu
Gunakan bahasa tubuh

5. Perhatikan dan hormati bahasa tubuhnya
Salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan adalah dengan menunjukkan bahwa kita menghormati kebutuhannya akan jarak dan waktu, dan biarkan dia mengatur kecepatan dalam berinteraksi. Bahasa tubuhnya dapat memberikan kita petunjuk bagaimana perasaannya. Memahami dan menghormati sinyal-sinyal ini akan membantunya melihat kita sebagai orang yang dapat dipercaya. Mencoba untuk menyentuh kucing yang menunjukkan salah satu tanda peringatan bahwa ia tidak nyaman, idak hanya dapat menyebabkan ia tidak mempercayai kita lagi, tetapi kita bisa menjadi terluka jika ia menyerang.
Mengatasi Kucing Pemalu
biarkan kucing mengendus kita

6. Biarkan ia mengendus kita
Kucing mengumpulkan banyak informasi tentang lingkungannya melalui indra penciuman mereka. Sebelum menyentuh kucing pemalu, letakkan tangan kita keluar (tangan kita turun dan santai sehingga tidak mengancamnya) dan memungkinkan ia mengendusnya.
Baca juga : Tips Eefektif Membuat Bulu Kucing Lebat
Bagi kucing yang telah mempercayai kita dia akan menggunakan kesempatan ini untuk mengusapkan wajahnya ke tangan kita. Kucing kita memiliki kelenjar di sisi mulutnya yang digunakan untuk menandai objek dan orang yang ia anggap aman. Gunakan cara menggosokkan wajah sebagai tanda bagus.
Mengatasi Kucing Pemalu
Berikan keleluasaan

7. Hormati wilayah yang ia tidak suka untuk dipegang
Setelah kucing kita mulai membiarkan kita mulai menyentuhnya. Kita mungkin memperhatikan bahwa ia tidak nyaman disentuh pada area tertentu tubuhnya (banyak kucing tidak suka disentuh pada perutnya, misalnya). Ketika kita membelainya perhatikan area yang membuat ia menggigit tangan kita, menggeram, atau melompat pergi. Hormati batas-batas tersebut dan tetap membelai daerah yang membuat ia senang dan santai.
Mengatasi Kucing Pemalu
Berikan kucing hadiah

8. Berikan ia treats
Kucing pemalu sering dapat dibujuk keluar dari persembunyiannya dengan iming-iming sebuah treats. Pada awalnya, tinggalkan treats dimana ia bisa mengaksesnya sementara kita duduk di dekatnya. Jangan mencoba untuk menyentuhnya sementara ia menunjukkan tanda-tanda ketakutan atau kecemasan. Hal ini akan membantunya mengkaitkan bahwa adanya treats berarti keselamatan dan keamanan. Sat ia mulai nyaman dan lebih berani, treats akan dikaitkan dengan pengalaman yang baik.
Mengatasi Kucing Pemalu
Ajak kucing bermain

9. Libatkan ia dalam permainan
Mainan cat teaser dan laser adalah cara yang baik untuk mengajaknya bermain sambil mempertahankan jarak dimana ia merasa tak terancam oleh kita. Menyentuh kepalanya dan bagian lain dengan mainan tongkat juga membantu kita untuk menilai area mana saja yang ia tidak ingin disentuh.

Itulah 9 cara untuk membangun kepercayaan pada kucing pemalu. Dengan cara ini diharapkan kucing pemalu dapat menjadi lebih percaya pada kita. Semoga bermanfaat informasi ini untuk sobat kucing semuanya. Yuk share dengan teman-teman mu!






Artikel Tips Kucing Lainnya KLIK DISINI

Fanspage Kunucats

Sumber : Cattery.co.id

0 comments

Post a Comment