Saturday, 7 October 2017

Tentang ICC (Indonesian Cat Council) Perkumpulan Pecinta Kucing Indonesia

Indonesian Cat Council - ICC atau Indonesian Cat Council merupakan perkumpulan pecinta kucing di indonesia, masih merasa asing dengan nama ICC? ICC sebelumnya sudah pernah dibahas di artikel sebelumnya namun ICC masih menggunakan nama TIMCA (Perkumpulan Kucing Munchkin Indonesia) dan sekarang TIMCA sudah berganti nama menjadi ICC. Tentunya bagi kalian yang suka dengan kucing wajib mengetahui mengenai ICC ini, kenapa? Karena tujuan dari ICC untuk melestarikan kucing yang ada di indonesia dan juga membuat kucing ras asli di indonesia diakui oleh semuanya. Untuk selengkapnya tentang ICC silahkan simak dibawah ini, tentunya ini diambil dari web resmi ICC sendiri yaitu icc-wcf.org, cekidot.

Indonesian Cat Council
ICC Logo

Indonesian Cat Council (ICC) diterjemahkan ke indonesia Konsil Kucing Indonesia adalah Perkumpulan pecinta kucing di Indonesia yang merupakan perubahan nama dari The Indonesian Munchkin Cat Association atau Perkumpulan kucing Munchkin Indonesia yang telah beraffiliate dengan World Cat Federation sebagai subclub di bawah Club induk yaitu DE-0234 Stammbaum.

The Indonesian Munchkin Cat Association (TIMCA) hanya merupakan club batapi ketika akan mengajukan sebagai Patronage Member maka Dewan Pendiri, Dewan pengawas dan Dewan Pengurus mengganti nama club menjadi Konsil Kucing Indonesia atau Indonesian Cat Council, karena dengan menjadi anggota patronat maka bisa lebih banyak menjangkau berbagai breed / ras yang di akui oleh World Cat Federation.

Sekarang Konsil Kucing Indonesia atau Indonesian Cat Council sudah menjadi Patronage Member di World Cat Federation dengan no registrasi anggota ID-0320 ICC , di bawah patron full member TH-0315 Trade Association of Registered Cats (ARC)

Konsil Kucing Indonesia berusaha untuk melestarikan, melindungi dan memelihara populasi kucing ras yang dibudidayakan di Indonesia dan bahkan di negara-negara di luar Indonesia.

Konsil Kucing Indonesia berusaha dari hari ke hari untuk memperbaiki standar dan kualitas jenis kucing berdasarkan standar World Cat Federation.

ICC sendiri didirikan oleh Herianto Jainur Santoso selaku dari presiden dari ICC sendiri dan tepatnya pada Senin, tanggal 06-03-2017 (Enam Maret Tahun dua ribu tujuh belas ) , Pukul 10.00 WIB (Sepuluh Waktu Indonesia Barat ) ICC berdiri. Motto dari ICC sendiri adalah Kekeluargaan dan kebersamaan itulah kenapa Logo ICC berbentuk bayangan abstrak tubuh kucing, bewarna pelangi dan bermotif batik. Bola dunia berwarna tosca menggambarkan keanekaragaman jenis kucing, menghasilkan sesuatu yang indah, di bawah terdapat pita hitam dan tulisan ICC yang merupakan seingkatan Indonesian Cat Council, pita ini menggambarkan tujuan ICC adalah bersih dan murni. Dibawah ini adalah ciri anggota, maksud serta tujuan dan juga fungsi dari ICC, cekidot.

Ciri Keanggotaan ICC
  • Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka
  • Pengelolaan dilakukan secara demokratis
  • Kemandirian
  • Tidak Berpihak

Maksud dan Tujuan ICC
  • Melindungi dan menjaga kelestarian kucing domestic dan kucing ras di Indonesia
  • Mendata dan meregistrasi kucing domestik dan kucing ras di Indonesia
  • Menyamakan persepsi dan visi dalam pengembangbiakkan kucing domestik dan kucing ras di Indonesia secara profesional mengacu kepada standar pengembangbiakkan international
  • Mengeluarkan sertifikat keturunan dan sertifikat pembiakan kucing domestik dan kucing ras di Indonesia mengacu kepada standar pengembangbiakan kucing munchkin dan silangan internasional
  • Meningkatkan pengetahuan anggota dan masyarakat tentang kucing domestik dan kucing ras di
  • Kesemuanya dalam arti kata yang seluas – luasnya

Fungsi ICC
  • Wadah penyalur kegiatan sesuai kepentingan anggotanya
  • Wadah pembinaan dan pengembangan anggota maupun masyarakat pada umumnya dalam usaha mewujudkan tujuanperkumpulan
  • Sarana penyalur aspirasi anggota, dan sebagai sarana komunikasi timbal balik antar anggota dan atau antar perkumpulan, Badan/Lembaga-lembaga lainnya, dan Pemerintah.

Untuk menjadi Anggota ICC atau Cattery di ICC kalian tidak perlu memiliki kucing terlebih dahulu, jadi jika kalian ingin menjadi cattery silahkan langsung mendaftar di ICC, jika ingin mengetahui update informasi melalui Facebook maka silahkan kunjungi WCF Indonesia - Indonesian Cat Council. Disitu kalian bisa mendapat informasi terbaru seputar kucing dan juga perkembangan dari ICC. Jika sudah menjadi anggota atau cattery kalian mendapatkan hak anggota namun selain ada hak kalian juga memiliki kewajiban yang harus dilakukan sebagai anggota ICC, untuk detailnya silahkan simak dibawah ini.

Hak Anggota ICC
Setiap anggota memiliki hak yang sama sesuai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga serta program kerja yang telah ditetapkan.

Kewajiban Anggota ICC
  • Anggota memiliki kewajiban untuk membayar biaya kontribusi Rp. 250.000, – (dua ratus lima puluh ribu rupiah) setiap tahun masing-masing orang berdasarkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga
  • Setiap nama cattery wajib didaftarkan di World Cat Federation (WCF.)
  • Breeder, yang nama cattery sudah terdaftar di organisasi lain, diizinkan untuk menggunakan nama tersebut, kode negara harus ditambahkan di belakang nama.
  • Hanya cattery yang terdaftar di WCF , sertifikat silsilah WCF dapat dikeluarkan
  • Menghadiri Majelis dan Rapat, melaksanakan program-program yang dibuat sebelumnya
  • Setiap anggota wajib mematuhi dengan semua Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga atau ketentuan lainnya.

Cattery
  • Seorang Breeder atau peternak adalah seseorang yang berhak mengajukan sertifikat keturunan di Indonesian Cat Council (ICC) untuk setiap kelahiran kucing yang lahir di rumah nya atau di komunitas breeder.
  • Setiap kelahiran kucing yang lahir di rumah nya atau di komunitas breeder harus berasal dari cattery yang terdaftar di wcf melalui Indonesian Cat Council (ICC) untuk administrasi pengurusan sertifikat keturunan.
  • Nama cattery adalah nama yang dibuat yang ,mana di ajukan untuk di daftarkan ke WCF oleh Indonesian Cat Council (ICC)  untuk perlindungan. Setiap Nama cattery harus di ajukan di kantor pusat di Essen oleh Indonesian Cat Council (ICC). Breeder harus menyiapkan 3 nama harus di ajukan dan akan di pilih berdasarkan urutan teratas di formulir, nama lengkap dan tidak boleh menggunakan singkatan, alamat lengkap, nomor telpon dan alamat surat eletronik. Pengajuan nama kateri akan di cek apakah sudah ada nama yang sama atau tidak, jika sudah ada yang sama maka akan di pilih nama urutan ke dua. Tidak boleh menggunakan nama Orang (hal ini terkait dengan hukum penggunaan nama) kecuali menggunakan nama sendiri, nama tempat fasilitas umum, tidak menngunakan nama dari novel , literatur, atau buku yang sudah terdaftar hak cipta nya,  dan tidak menggunakan nama sebuah ras kucing. Breeder yang sudah terdaftar nama cattery nya di organisasi lain dan ingin bergabung menjadi kateri WCF dan ingin mempergunakan nama tersebut di perkenankan. Kode negara harus di cantumkan di belakang nama. kantor memverifikasi keunikan nama kateri hanya yang terdaftar di WCF.
  • Nama kateri yang terdaftar akan di lindungi selama 20 tahun dan tidak dapat di keluarkan / di tarik kembali. Hal ini juga akan berlangsung ketika breeder keluar dari WCF.
  • Sebuah nama cattery dapat di alih kepemilikan dari breeder satu ke breeder lainnya dengan surat perjanjian yang di tanda tangani oleh kedua belah pihak dan di kirim ke WCF melalui Indonesian Cat Council. Ketika breeder wafat / meninggal, maka ahli waris harus menunjukan surat waris untuk mengalihkan kepemilikan kateri tersebut.
  • Secara umum nama kucing berisikan nama kucing kucing di nama pertama dan nama cattery di belakang. Nama di masukan nama kucing – nama cattery, nama tidak boleh lebih dari 25 hurup.
Nama cattery bisa didepan atau di belakang nama kucing. Hal ini harus di lakukan pada saat pendaftaran nama cattery . Contoh :
Maccurl’s Mimi –  Nama cattery sebelum nama
Mimi Maccurl –  Nama cattery setelah nama
Mimi of Maccurl – Nama cattery setelah nama kucing dengan menggunakan “dari”
Harap dicatat bahwa Anda harus memberikan awalan dan akhiran dari nama cattery dan tidak menggunakan singkatan apapun.
juga tidak menggunakan  v. Maccurl – yang benar  von Maccurl
tidak menggunakan : v.d. Waldhöhe – yang benar von der Waldhöhe
Awalan dan akhiran dihitung untuk panjang seluruh nama kucing

Sekedar mengingatkan, banyak sekali manfaat bergabung di icc karena selain kalian jadi lebih mengenal dan memahami kucing kalian juga bisa membuat ras kucing asli indonesia jadi dikenal didunia, untuk awalnya adalah ras busok asli madura yang sudah diakui di wcf, dengan diakuinya ras kucing indonesia didunia tentunya kalian pecinta kucing jadi bangga bukan? Selain itu jika kalian bermasalah dengan kucing kalian mengenai gizi, makanan, penyakit, dan semuanya tentang kucing kalian akan dibantu oleh semua anggota jadi kalian sudah tidak perlu bingung lagi.

Demikian sedikit informasi yang bisa saya berikan mengenai Indonesian Cat Council atau ICC, mungkin untuk lebih jelasnya kalian bisa mengunjungi Facebook Page ICC di WCF Indonesia - Indonesian Cat Council atau web ICC di icc-wcf.org. Semoga bisa bermanfaat untuk semuanya.







Artikel Lain-lain Tentang Kucing Lainnya KLIK DISINI

Fanspage Kunucats

0 comments

Post a Comment