Saturday, 16 September 2017

Fungsi Cakar Kucing dan juga Bentuknya

Fungsi dan Bentuk Cakar Kucing - Pada artikel kucing kali ini akan dibahas mengenai salah satu anatomi yang penting pada kucing, yaitu cakarnya. Semuanya tentu sudah tahu kan jika kucing memiliki cakar. Sebagian sobat kucing pasti memiliki masalah dengan cakar kucing, karena kucing seringkali mencakar furnitur di rumah. Namun cakar sangat penting bagi kucing untuk menggenggam sesuatu, baik cat toys maupun mangsanya, seperti tikus. Selain itu, cakar juga berfungsi untuk memanjat, menggali, berkelahi dan untuk mempertahankan diri si kucing.

Pengetahuan Dasar
Kucing memiliki lima cakar di setiap kaki depannya dan empat cakar di setiap kaki belakangnya. Cakar kelima pada kaki depannya yang terletak lebih tinggi dibandingkan lainnya disebut “dew claw”. “Dew claw berfungsi seperti jempol pada manusia yang membantu kucing menggenggam permukaan ketika sedang memanjat atau menggenggam mangsanya. Cakar kucing terbuat dari keratin, protein yang juga membentuk lapisan luar kulit dan yang juga ditemukan pada kuku manusia.

Fungsi Cakar Kucing dan juga Bentuknya
Dew Claw

Sistem Kerja Cakar
Cakar salah satu bagian vital bagi kucing dalam berburu, cakar beresiko menjadi tumpul seiring berjalannya waktu, oleh karena itu tubuh kucing didesain untuk menyelubungi guna melindungi cakar ini ketika tidak diperlukan. Ketika cakar kucing sedang santai, cakar ini akan dilindungi oleh selubung tulang yang merupakan perpanjangan tulang pada jari kaki pada setiap kaki kucing.
Baca juga : Jenis Jenis Pasir yang Biasa Digunakan Kucing Peliharaan
Terdapat ligamen kecil yang menempel pada jari kakinya yang menahan cakar berada dalam kakinya. Cakar tersebut bisa dengan cepat dikeluarkan dengan bantuan ligamen khusus yang besar, yang juga dapat dengan cepat menarik kembali cakarnya ke dalam ketika dibutuhkan.
Fungsi Cakar Kucing dan juga Bentuknya
System Kerja Cakar Kucing

Semua kucing, kecuali cheetah, memiliki cakar yang bisa ditarik kembali. Cheetah adalah mamalia darat yang paling cepat larinya, cheetah membutuhkan cakarnya sebagai daya tarik ketika ia berlari.

Anatomi Cakar
Kuku jari kaki kucing memiliki pembuluh darah di dalamnya, yang disebut dengan “quick”. “Quick ini tidak mencapai titik ujung kuku cakarnya, jadi kita dapat memotong kuku si kucing tanpa menyebabkan masalah. Namun jika kita memotongnya terlalu jauh dan mengenai “quick” ini, maka kuku kucing akan berdarah.
Fungsi Cakar Kucing dan juga Bentuknya
Anatomi Cakar Kucing

Cakar Kucing dengan Kuku Manusia
Cakar kucing dan kuku manusia sama-sama terbuat dari keratin, yaitu protein yang sangat kuat. Walaupun sama-sama terbuat dari keratin, namun cakar kucing lebih kuat dibandingkan dengan kuku manusia. Salah satu penyebabnya adalah bentuknya. Struktur kuku manusia bersifat elastis dan lebar dengan ujungnya yang membulat. Sedangkan cakar kucing berbentuk piringan melengkung, seperti bulan sabit, yang mempunyai ujung yang tajam.
Baca juga : 147 Jenis Kucing yang Ada Didunia
Cakar kucing merupakan satu bagian integral dengan tulang kakinya. Secara berkala cakar kucing akan berhenti tumbuh, namun setelah beberapa waktu kemudian, cakarnya akan tumbuh lagi. Ketika cakar kucing telah usang, maka selubung luar cakar tersebut akan lepas dan digantikan dengan lapisan dalamnya yang baru dan tajam

Menggunting Kuku
Menggunting kuku kucing harus dilakukan setiap seminggu atau dua minggu sekali. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari rusaknya furnitur di rumah kita atau terluka akibat cakaran kucing yang tidak disengaja. Memotong kuku kucing cukup sederhana, kita dapat melakukannya sendiri.
Fungsi Cakar Kucing dan juga Bentuknya
Menggunting Cakar Kucing

Bagi pemula, pertama-tama kita lihat kuku kita sendiri dan perhatikan batas antara kuku kita dengan “quick” yang terdapat pembuluh darah. Lalu perhatikan lah bagian cakar kucing, maka kita akan melihat bagian berwarna pink yang terdapat pembuluh darahnya. Potong cakar kucing tanpa mengenai bagian tersebut.

Declawing
Declawing adalah operasi pengangkatan cakar dan jaringan sekitarnya yang bisa ditarik ke dalam. Declawing SANGAT TIDAK dianjurkan oleh banyak breeder dan pecinta kucing. Jika alasan untuk declawing kucing karena sering merusak furnitur, maka latihlah si kucing untuk menggunakan scratching post, dibandingkan harus melakukan declawing.

CFA, salah satu asosiasi kucing terbesar di dunia telah melarang untuk melakukan declawing sejak tahun 1996. Berikut pernyataannya:

The CFA Guidance Statement Regarding Declawing
Approved by the CFA Board of Directors – October 1996 and revised June 2003

CFA’s Health Committee proposed the following guidance statement on the declawing of cats after review of the Canadian Veterinary Medical Association’s (CVMA) position concerning declawing, and after research of scientific articles and information from the Cornell Feline Health Center, from Joan Miller’s files of cat fancy and animal shelter materials and by talking with veterinarians, feline behavioral specialists, The American Veterinary Medical Association (AVMA), the President of the American College of Behaviorists and the Director of Ethical Studies at the San Francisco SPCA. At the October 1996 meeting, the CFA Board unanimously approved a guidance statement on the declawing of cats. A revised guidance statement was approved at the June 2003 Board meeting.

Demikian mengenai fungsi dan juga bentuk cakar kucing, semoga artikel kucing kali ini bisa bermanfaat serta menambah wawasan sobat kucing semuanya.






Artikel Informasi Kucing Lainnya KLIK DISINI

Fanspage Kunucats

Sumber : Cattery.co.id

0 comments

Post a Comment