Monday, 24 July 2017

Tips Supaya Terhindar dari Gigitan Kucing

Cara Menghindari Gigitan Kucing - Gigitan kucing memang terasa menyakitkan dan juga berbahaya, tetapi sobat kucing bisa menghindari digigit kucing jika kita bisa melakukan pencegahan yang tepat.

Supaya Terhindar dari Gigitan Kucing
Kucing Menggigit

Kucing memang hewan yang sangat lucu, tetapi seperti saudaranya yang lebih besar seperti singa dan harimau, gigi dan cakar kucing bisa menjadi senjata yang cukup berbahaya. Bahkan kucing yang ramah pun bisa menggigit atau mencakar jika ia merasa takut atau marah, maka dari itu sangat penting untuk memahami tanda-tanda ketika kucing marah atau takut.

Dengarkan Kucingmu
Cara paling mudah mengetahui tanda-tanda kucing akan menggigit adalah melalui suaranya. Jika kucing kamu sedang menggeram atau mendesis, itu mungkin tanda bagi sobat kucing untuk menjauh. Jangan pernah mengabaikan peringatan verbal dari kucing.
Supaya Terhindar dari Gigitan Kucing
Kucing yang Menggeram

Bahasa Tubuh
Kucing yang sedang merasa terancam akan merunduk atau punggungnya melengkung dan ekornya terangkat. Telinga kucing akan kebelakang. Kucing yang marah akan menatap marah dengan pupil yang terbuka lebar
Baca juga : Fakta Tentang Kucing dan Susu Sapi
Aktivitas yang membuat kucing stres
Sobat kucing harus berhati-hati karena ada beberapa aktivitas bisa membuat kucing stres dan kucing menjadi cepat marah:

  • Memberikan obat: Jika kamu sedang memberikan obat yang berbentuk pil atau tablet kedalam mulut kucing, kucing dapat tak sengaja menggigit kamu ketika berusaha memuntahkan pilnya keluar. Gunakan pelontar pil untuk melindungi jari kamu dari gigitan kucing. Pelontar pil tersedia di petshop.
Supaya Terhindar dari Gigitan Kucing
Pelontar Pil/Tablet

  • Mandi: Terutama bagi kucing yang tidak sering dimandikan, mandi dapat menjadi aktivitas yang menakutkan bagi kucing.
  • Mengeringkan: Suara dryer dan angin yang berhembus di muka kucing dapat membuat kucing menjadi takut.
  • Memotong Kuku: Biasakan memotong kuku sejak kucing masih kecil, jadi ketika sudah dewasa kucing sudah terbiasa dipotong kukunya dan tidak akan berontak.
  • Masa Kawin: Pejantan terutama akan menjadi agresif ketika ada betina yang sedang birahi/beger.
  • Konflik Pribadi: Jika ada dua kucing yang saling tidak menyukai, mereka akan mulai untuk menggeram atau mendesis. Usahakan posisi kamu jangan berada di tengah diantara kucing yang sedang bertengkar ketika memisahkannya.
  • Kecelakaan: Ketika kucing kamu tak sengaja menyakiti diri sendiri dan sedang kesakitan, hati-hati karena kucing mungkin akan menggigit mu ketika kamu mencoba menolongnya.
  • Waktu Bermain: Bukan hal yang tak biasa jika kucing menjadi terlalu bersemangat ketika bermain dengan kita dan tak sengaja menggigit.

Pencegahan
Untuk mencegah agar tidak digigit kucing:
  • Jangan memojokkan kucing
  • Jangan mencoba untuk mengangkat, mencium, atau memeluk kucing yang kelihatan ketakutan
  • Jangan berkerumun atau mendekati kucing yang menunjukkan tanda bahwa ia sedang terancam.
  • Sejak kucing menjadi marah karena penanganan yang kasar, selalu awasi interaksi antara kucing dan anak-anak.
Baca juga : Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Pemberian Makan Kucing
Selalu perhatikan tanda-tanda ketika kucing ketakutan ketika menangani si kucing. Kucing tidak menyerang/menyakiti kamu berdasarkan apakah ia suka atau benci, jadi ketika kucing menggigit mu, tolong jangan diambil hati. Kucing hanya bertindak berdasarkan insting saja, menyerang karena ia merasa terancam. Sobat kucing seharusnya jangan sampai marah atau mencoba untuk menghukum kucing tersebut, karena hanya akan membuatnya semakin buruk. Demikian untuk artikel kucing kali ini, semoga bisa bermanfaat dan juga menambah wawasan sobat kucing semuanya.






Artikel Informasi Kucing Lainnya KLIK DISINI

Fanspage Kunucats

Sumber : Cattery.co.id 

0 comments

Post a Comment