Sunday, 16 July 2017

Inilah Penyebab dan juga Alasan Kucing Melakukan Spraying

Spraying pada Kucing - Kucing melakukan spraying atau “marking” terjadi ketika kucing mengeluarkan sejumlah kecil urin pada permukaan vertikal, seperti tembok, pintu, gorden, peralatan elektrik ataupun pada furnitur. Beberapa kucing cenderung untuk melakukan marking pada benda-benda yang lembut seperti kasur, baju yang ada di lantai, kertas dan plastik.

Spraying merupakan perilaku menandai bagi kucing, dan bukan merupakan masalah bak pasir. Kucing tidak butuh untuk pipis. Urin merupakan pesan untuk kucing yang lain.

Alasan Kucing Melakukan Spraying
Kucing Spraying

Penyebab Spraying
Setidaknya ada tiga penyebab utama kucing melakukan spraying, yaitu perilaku seksual/hormonal, perilaku teritorial, dan perilaku yang berhubungan dengan tingkat stres.
Baca juga : 10 Rahasia Kucing yang Perlu Kalian Ketahui
Spraying sebagai ajakan seksual
Tanda urin merupakan cara berkomunikasi diantara kucing. Di dalam urin terdapat feromon, zat kimia yang dapat diartikan oleh kucing lainnya. Spraying adalah perilaku standar bagi kucing ketika musim kawin antara jantan dan betina yang akan berkomunikasi menggunakan zat feromon.

Spraying sebagai klaim teritorial
Kucing jantan akan menandakan teritorinya, membiarkan pejantan lainnya tahu bahwa daerah tersebut merupakan wilayah si kucing. Sterilisasi pada anak kucing di awal dapat mencegah masalah spraying ke depannya. Sterilisasi pada jantan atau betina dapa mengurangi motivasi kucing untuk spraying.

Spraying karena stres
Spraying juga bisa disebabkan karena stres. Sebagian besar kucing tidak menyukai perubahan. Jika rutinitas dan keadaan normalnya terganggu, dapat menyebabkan kucing stres, kecemasan dan frustasi dapat menyebabkan perilaku spraying. Jika kucing merasa terancam, terintimidasi atau tidak senang, si kucing butuh untuk menandakan wilayahnya agar merasa lebih nyaman.
Baca juga : Fakta Ajaib Mengenai Jilatan Kucing
Selain beberapa faktor diatas, secara karakteristik ras, beberapa ras kucing memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk spraying dibandingkan ras lainnya. Ras yang lebih aktif, ras bulu pendek yang lebih cepat dewasa seperti Siam, sebagai contohnya, memiliki persentasi lebih tinggi untuk spraying dibandingkan kucing yang tenang seperti Persia. Demikian untuk artikel kucing kali ini, semoga bisa bermanfaat dan juga menambah wawasan sobat kucing semuanya.






Artikel Informasi Kucing Lainnya KLIK DISINI

Fanspage Kunucats

Sumber : Cattery.co.id

0 comments

Post a Comment