Sunday, 2 July 2017

10 Arti Meongan Kucing Kesayangan Kalian

Arti Meong Kucing - Kucing yang mengeong sudah pasti membuat kita merasa gemas dan ingin sekali menghampiri untuk mengelus dan memeluk mereka. Tapi tidak jarang juga saat kita hampiri si kucing yang sedang mengeong, mereka malah pergi, seperti ketakutan atau tidak mengacuhkan kita. Kenapa bisa begitu? Ternyata meongan si kucing tadi juga dapat berarti banyak dan kita sebagai pemelihara harus mengerti apa yang si kucing inginkan dari meongan tersebut. Lalu, kira-kira apa saja ya arti-arti dari meongan si kucing? Pada artikel kucing kali ini akan diulas 10 arti dari meongan yang sering si kucing lakukan. Ayo disimak!

Arti Meongan Kucing
Miauw! Miauw!

Dikutip dari Arden Moore seorang behaviorist kucing di dalam bukunya yang berjudul The Cat Behavior Answer Book : “Kucing setidaknya mampu membuat 30 jenis suara meongan yang berbeda, namun yang sering mereka suarakan adalah 19 jenis suara dan itu merupakan yang paling sederhana.”

1. Aku Sedang Terluka
Arti Meongan Kucing
Meongan si kucing bisa berarti kalau si kucing sedang terluka

Jika si kucing dirumah mendadak mengeong dengan frekuensi yang sering dan berlebihan (lebih terdengar seperti meongan yang merintih dan menyeret), segeralah bawa si kucing ke dokter hewan untuk diperiksa. Ini dikarenakan dapat menjadi suatu indikasi bahwa si kucing memiliki permasalahan secara medis, apalagi jika meongan tadi diikuti dengan perilaku yang juga berubah. “Banyak penyakit yang diawali dari kurangnya makanan si kucing, minumnya atau juga sakit. Semua itu dapat diberitahukan si kucing kepada kita melalui meongannya yang berlebihan” terkutip dari Web MD.

2. Aku Sedang Menyapamu!
Arti Meongan Kucing
Kucing yang mengeong sesekali bisa juga sedang menyapa kita!

Seringkali kita mendengar si kucing mengeong sekali saat ia sedang berhadapan dengan kita, apalagi jika si kucing telah tidak temui selama beberapa lama misalnya saat kita pulang dari kantor lalu si kucing melihat kita dan mengeong.
Baca juga : Penyebab Kucing Terus Menerus Mengeong
Nah, meongan tadi itu dapat berarti sapaan si kucing terhadap kita sebagai pemeliharanya yang telah mereka kenal. DIlansir dari situs ASPCA meongan tersebut dilakukan si kucing untuk menyambut kita yang baru sampai dirumah atau disaat kita dan si kucing saling melihat satu sama lain.

3. Aku Lapar, Berikan Aku Makanan!
Arti Meongan Kucing
Ya, tidak terlebih lagi bahwa meongan si kucing juga menunjukkan bahwa si kucing sedang lapar

Meongan si kucing yang berarti “aku lapar” mungkin sudah diketahui banyak pemelihara kucing ya. Meongan ini khas dengan dengkurannya dan juga suara yang lembut namun memanjang. Tentu si kucing sudah tahu jika ia mengeluarkan suara meongan seperti ini, maka makanan yang ia inginkan akan segera datang. Disinilah kita sebagai pemelihara harus peka! “Banyak kucing yang pastinya sudah tahu bagaimana cara mereka untuk memberitahu keluarga pemeliharanya bahwa itu sudah waktunya makan malam untuk dirinya” terkutip dari blogger hewan peliharaan, Jane Harrell. Jadi, jika si kucing mulai berjalan memutari kita dan mengeong memanjang, sudah waktunya kita memberi makan si kucing!

4. Aku Membutuhkan Perhatian
Arti Meongan Kucing
Perhatikanlah aku! Kau sudah jarang menyapa dan mengelusku!

Ya, tentu dengan kesibukan kita sebagai pemelihara kucing yang mungkin memiliki usaha yang harus terus berjalan, pekerjaan yang tidak dapat ditinggalkan dan banyak urusan lainnya sehingga si kucing terkadang kita lupakan dan jarang kita temui. Lalu jangan heran si kucing terus mengeong jika kita baru sampai ke rumah meskipun sedang lelah.
Baca juga : Pentingnya Bermain Untuk Kucing Peliharaan
Bukan mereka tidak mengerti kita yang lelah, namun mereka hanya membutuhkan perhatian dari kita yang sudah jarang mereka dapatkan. “Kucing sering mengeong untuk mendapatkan perhatian kita. Ini merupakan ajakan mereka untuk bermain, meminta elusan kita dan juga meminta kita untuk berinteraksi dengan mereka” terkutip Web MD.

5. Aku Ingin Masuk
Arti Meongan Kucing
Ya, biarkanlah si kucing masuk jika ia ada diluar kamar kita!

Sama hal-nya jika kita terkunci di di depan rumah, kita pasti mengetuk-ngetuk pintu rumah dan terus memanggil orang di dalam rumah untuk membukakan pintu. Si kucing juga melakukan hal yang sama pada saat mereka ingin memasuki ruangan yang ada kita di dalamnya, apalagi jika pintu itu tertutup. Si kucing akan terus mengeong hingga dibukakan pintu. “Jika pintu kamar kita tertutup, si kucing pasti akan terus mengeong hingga mendapati kita untuk membukakan pintu kamar agar mereka bisa masuk” tukas Harrell. “ada juga yang mereka mengeong hanya untuk kamar yang tertutup tadi terbuka karena mereka tidak suka dengan pintu yang tertutup” tambah Harrell.

6. Aku Memerlukan Pasangan!
Arti Meongan Kucing
Well, siapapun membutuhkan pasangan kan catlovers?

Meongan si kucing yang ingin kawin pasti sangat khas didengar dan seringkali kucing betina yang akan mengeong seperti ini pada masa subur mereka. Hal ini akan membuat mereka mengeong tanpa henti dengan suara yang berbeda khas kucing yang ingin kawin. “Ya, ini juga dapat menjadi alarm kita agar si kucing kita bisa kita spaying” tukas Moore.

7. Saya Sedang Stress
Arti Meongan Kucing
Kita semua pasti sudah tahu suara kucing yang sedang stress atau penuh tekanan.

Menurut WebMD, kucing yang sedang penuh tekanan atau stress mungkin bisa menjadi lebih sering mengeong daripada biasanya dan meongan mereka lantang sekali. Kita pasti pernah mengalami hal ini pada saat si kucing sedang kita bawa ke dalam mobil untuk ke dokter hewan. Pasti mereka akan mengeong tanpa henti kan? Ya, ini dikarenakan mereka berada di dalam mobil yang pasti membuat mereka merasa sangat aneh di dalamnya.

8. Saya Gelisah, Takut atau dalam keadaan Terancam.
Arti Meongan Kucing
Meongan si kucing juga dapat menjadi pertanda bahwa ia sedang terancam

Ya kucing yang suara meongannya terdengar seperti sedang ingin kawin juga dapat dikategorikan bahwa dirinya sedang dalam keadaan gelisah, takut atau sedang dalam keadaan terancam. Mulailah melihat sekitar, adakah hal atau hewan lain yang membuat mereka merasa seperti ini ya! Bedanya, meongan si kucing pada saat ini akan diselingi desisan khas kucing yang sedang marah. “Meongan kucing yang sedang gelisah, takut atau terancam juga sering kita dengar pada saat mereka terlibat di dalam sebuah pertarungan dan terpojok sehingga tidak bisa menyerang” tukas Moore. “Ya, suaranya terdengar lebih menggelegar dan gila. Cenderung seperti meraung dibanding mengeong.”

9. Saya tidak ingin sendirian
Arti Meongan Kucing
Si kucing juga tidak berhak untuk sendiri!

Menurut The Ohio State University College of Veterinary Medicine Indoor Pet Initiative ketika si kucing ditinggalkan sendirian dalam periode yang cukup lama, atau mereka berada di tengah-tengah keramaian orang-orang yang tidak ia kenal sebelumnya biasanya akan mengeong cemas dan berlebihan maka mereka akan mengeong dengan berkepanjangan dan berlebihan. Ini merupakan tanda bahwa si kucing sudah bergantung kepada kita sebagai pemeliharanya. Tentu, mereka tidak ingin jauh dari kita!

10. Aku Mulai Menua
Arti Meongan Kucing
Kucing yang mulai menua juga seringkali mengeong!

“Peningkatan vokalisasi cukup umum terjadi pada kucing senior,” kata Dr Arnold Plotnick dari Manhattan Cat  dan juga ahli hewan untuk catchannel.com. Dari segi umur si kucing yang semakin menua, sama halnya dengan manusia karena sudah pasti ada beberapa kemampuan yang menurun seiring waktu mereka mulai tua. Pada kucing, mereka akan semakin berkurang fungsi kognitif dari dirinya sehingga mereka akan menunjukkan hal tersebut dalam berbagai cara termasuk dengan mengeong dengan keras dan sering. Dengan kata lain, mereka menginginkan banyak bantuan dan kasih sayang disekitar mereka.

Arti Meongan Kucing
Kucing Mengeong
So, sobat kucing kenalilah tanda-tanda meongan di atas dan semakin mengertilah kepada si kucing! Demikian untuk artikel kucing kali ini, semoga bisa bermanfaat dan juga menambah wawasan sobat kucing semuanya dirumah.






Artikel Informasi Kucing Lainnya KLIK DISINI

Fanspage Kunucats

Sumber : Cattery.co.id

0 comments

Post a Comment