Saturday, 22 April 2017

Inilah Beberapa Alasan Kenapa Kucing Suka Sekali dengan Sepatu

Alasan Kucing Suka dengan Sepatu - Hallo sobat kucing! Apa kabarnya? Kira-kira sobat kucing tahu tidak barang-barang favorit si kucing itu apa saja? Oke mungkin berawal dari bantal yang kita berikan kepada si kucing, lalu mainan bolanya, bantal catnip dan masih banyak lagi mungkin barang lainnya yang menjadi favorit si kucing. Lalu, bagaimana dengan sepatu? Bukan, bukan sepatu si kucing karena kita tahu bahwa tidak ada satu kucing pun yang mengenakan sepatu disaat mereka berjalan, akan tetapi ini adalah sepatu milik sobat kucing sendiri? Mungkin bagi sobat kucing yang amat memperhatikan si kucing akan sadar akan hal ini bahwa kucing (seringkali) senang berdekatan atau bahkan masuk ke dalam sepatu kita untuk sekedar bermain atau bersantai (tentunya bagi kucing yang kecil ya!), namun kira-kira apa ya alasan mereka dapat menjadikan sepatu kita sebagai salah satu barang favoritnya? Kali ini sobat kucing akan mengetahui beberapa kemungkinan mengapa si kucing amat menyukai sepatu yang kita kenakan dan menjadikannya sebagai barang favoritnya!

kucing suka sepatu
Kira-kira kenapa ya si kucing amat suka dengan sepatu milik kita?
Sumber : Cattery.co.id

Kemungkinan pertama adalah aroma “memabukkan” dari sekian banyak aroma yang berbeda dan tercampur pada sepatu kita membuat insting penasaran si kucing aktif dan ingin tahu dengan segera “apakah” sebenarnya sepatu itu. Lalu ada juga yang mengatakan bahwa itu merupakan tanda bahwa si kucing amat sayang kepada kita dan merasa “kepo” dengan kemana saja kita telah berpergian hari ini karena ada studi yang mengatakan bahwa indra penciuman si kucing amat sangat tajam dan dapat memedakan tiap aroma dengan jelas sekaligus bisa mengetahui bahwa aroma tersebut berasal dari mana sebelumnya, hebat ya kucing kita?
Baca juga : Penyebab Kucing Terus Terusan Mengeong
Nah, jika kembali kepada sifat kucing yang merupakan hewan yang sangat teritoris, ini juga dapat dijadikan sebagai kemungkinan terbesar, karena pada saat si kucing mendekati sepatu kita disetiap harinya, itu merupakan salah satu cara si kucing untuk menunjukkan bahwa sepatu kita sudah termasuk ke dalam teritorial pribadinya.
kucing suka sepatu
Aroma yang “memabukkan” dari sepatu kita menjadikan si kucing tertarik dan penasaran dengan sepatu itu sendiri
Sumber : Cattery.co.id

Kita tahu bahwa si kucing memiliki kemampuan untuk menandai teritorialnya dengan mengeluskan atau menggesekkan pipi dan jidatnya kepada objek yang ia anggap sebagai “wilayah kekuasaannya” (meskipun itu merupakan sepatu milik kita ya!). Disini benar terlihat bahwa si kucing memang sedang menandai wilayahnya dan sepatu sobat kucing telah termasuk ke dalam wilayahnya. Mungkin terdengar sedikit aneh dan lucu, akan tetapi sebenarnya si kucing amat sangat tertarik, terhibur bahkan nyaman dengan aroma sepatu kita yang telah kita pakai seharian penuh di setiap kegiatan kita. Meskipun tidak semua kucing terlihat menyukai sepatu kita, namun banyak juga kucing yang amat nyaman dan bereaksi positif dengan mengendus dan benar-benar berdekatan dengan sepatu yang sobat kucing miliki.
kucing suka sepatu
Mayoritas kucing amat sangat tertarik dengan sepatu milik pemeliharanya
Sumber : Cattery.co.id

Pada sebuah artikel yang berjudul Cat With Shoe besutan RBerteig pada akun Flickr-nya juga dikatakan bahwa beberapa kemungkinan mengapa kucing menyukai dan merasa nyaman dengan aroma sepatu kita dan juga senang berada didekatnya adalah sebagai berikut:

kucing suka sepatu
What is that smell?
Sumber : Cattery.co.id
  • Aroma / Wangi daripada pemelihara kesayangan si kucing amat sangat terpusat pada bagian kaki si pemelihara, dan karena hal ini otomatis aroma tersebut amat sangat menempel pada sepatu dan juga kaus kakinya dan aroma ini membuat si kucing merasa nyaman.
  • Kucing juga kemungkinan merasa tertarik dengan rasa “asin” daripada sepatu (well, sepertinya tidak ada yang mau tahu ya perihal ini?)
  • Sepatu dan kaki kita yang tidak memakai alas memiliki aroma khas yang dapat hanya tercium oleh si kucing bahkan jika itu hanya berupa jejak, dan disinilah si pemelihara si kucing membawa berbagai macam aroma yang amat sangat menarik untuk si kucing dan aroma ini memberitahu si kucing kemana saja si pemelihara telah berpergian sepanjang hari
  • Kucing memiliki sebuah kelenjar pada pipinya yang akan mengeluarkan aroma khas dari diri si kucing. Mereka akan menggosokan bagian pipinya kepada sepatu dan kaus kaki milik kita untuk menghilangkan aroma asli daripada sepatu dan kaus kaki itu sendiri dan menggantikannya dengan aroma pheromone yang mereka miliki. Disinilah sepatu dan kaus kaki milik kita telah menjadi kekuasaan si kucing! (dalam pikirannya)
  • Reaksi kucing kepada pheromone yang ada di dalam keringat kita sama dengan reaksi si kucing kepada catnip (dan seringkali komposisi / kandungan dari catnip sendiri sengaja diserupai dengan pheromone kucing).
kucing suka sepatu
Kucing tertarik dengan sepatu kita karena aroma pheromone yang membuat ia tertarik dan penasaran, bahkan sama tertariknya pada saat mereka mencium wangi catnip
Sumber : Cattery.co.id

Nah pada kesimpulan yang diambil oleh RBerteig dalam artikel besutannya yang berjudul Cat with Shoe menunjukkan kepada kita bahwa ada beberapa faktor yang menjadi kemungkinan terbesar mengapa si kucing amat sangat tertarik dan nyaman dengan sepatu dan kaus kaki milik kita, dan pheromone disini amat sangat berperan besar sehingga kucing menjadi tertarik dengan sepatu dan kaus kaki kita dan bahkan disebutkan bahwa reaksi senang si kucing terhadap sepatu dan kaus kaki kita sama halnya dengan reaksi senang dari si kucing apabila ia berada di dekat catnip.
Baca juga : Pentingnya Bermain Bagi Kucing Peliharaan
Mengacu kepada Kohl et al (2001), meskipun pheromone merupakan hasil terbesar dari kelenjar apocrine yang seringkali ditemukan dan dihasilkan pada beberapa bagian tubuh seperti ketiak dan pada bagian genital manusia, pheromone juga dapat dihasilkan dan ditemukan pada bagian tubuh manusia yang lain seperti halnya mulut dan juga kaki. Jadi, sebenarnya si kucing sepertinya menyukai aroma dari kaki kita ya sobat kucing?
kucing suka sepatu
Tapi sebenarnya, apa ya kira-kira pheromone itu?
Sumber : Cattery.co.id

Namun mungkin ada beberapa dari kita yang bertanya-tanya, apa ya pheromone itu sendiri? Pheromone adalah zat kimiawi yang alami produksi tubuh seekor hewan yang dapat membuat pasangan dari hewan tersebut tertarik (hewan yang sejenis, karena rata-rata pheromone hanya dapat tercium antar sesama jenis namun berbeda kelamin, disini pheromone juga dimiliki oleh serangga). Pheromone seringkali disangkut pautkan dengan aroma yang dapat memicu seksualitas dalam sebuah spesies, padahal pheromone itu sendiri memiliki beberapa kegunaan dan menjadi tanda lain selain dari hal yang bersifat seksualitas sebuah spesies, yakni :
  • Sebagai pengingat / alarm untuk spesies itu sendiri. Alarm disini berarti bahwa sebagai penanda bau yang asing sedang masuk ke dalam arealnya dan dapat bersifat membahayakan spesies tersebut atau bersifat lain.
  • Untuk mengikuti mangsa.
  • Untuk menghormati adanya teritorial dari satu spesies sehingga tidak masuk ke dalam teritorialnya.
  • Untuk saling mengenali antara ibu dan anak
  • Untuk memberi tahu sesuatu kepada kelompoknya tanpa harus bersuara.
kucing suka sepatu
It’s all about pheromone!
Sumber : Cattery.co.id

Nah sobat kucing, bagaimana bahasan kita kali ini? Hanya berawal dari keingintahuan kita perihal alasan mengapa kucing amat sangat menyukai sepatu kita pada akhirnya bahasan kita berakhir pada sebuah alasan yang amat ilmiah, yakni pheromone. Namun meskipun beberapa studi telah dilakukan perihal ini, hasil konkret dan alasannya belum cukup kuat untuk dijadikan kesimpulan. Tapi disini kami yakin bahwa alasan si kucing terus merasanya nyaman dengan sepatu kita adalah sama halnya dengan si kucing yang terus ingin berada di dekat kita.
Baca juga : Semua Hal Tentang Masa Birahi Kucing
Mereka ingin tahu bahwa barang-barang yang menjadi favorit kita merupakan barang kesayangan mereka juga. Contohnya jelas, sepatu yang kita favoritkan pasti akan terus kita kenakan kemanapun kita pergi bukan? Sama halnya dengan kucing, mereka juga ikut menyayangi sepatu kepemilikan kita dengan terus berada di dekat sepatu kita dengan nyaman. Bahkan mungkin saja sepatu kita merupakan interpretasi lain atas diri kita untuk si kucing karena sebagian dari pheromone kita memang benar-benar tertinggal pada sepatu dan kaus kaki kita? Ya, apapun itu semoga si kucing tetap merasa senang dan bereaksi positif ya! Demikian untuk artikel kucing kali ini, semoga bisa bermanfaat dan juga menambah wawasan sobat kucing semuanya dirumah.






Artikel Informasi Kucing Lainnya KLIK DISINI

Fanspage Kunucats

Sumber : Cattery.co.id

0 comments

Post a Comment